Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Standar

 Halo semua kali ini mau bahas tentang knalpot nih. Nah beberapa berapa hari byson dirumah dikembalikan jadi standar. Copot undertail diganti spakbor standard lagi dan copot knalpot racing ganti knalpot standar lagi. Ada perbedaannya nggak? Ada  lah, akibat adanya spakbor kalau hujan air nggak muncrat sampai jok boncenger dan kalau dipakai riding suara jadi sunyi senyap, perbedaannya jauh banget mungkin karena knalpot racing yang saya pakai termasuk bersuara gahar dan keras walau sudah pakai DB killer sekalipun (two brothers tepatnya) sedangkan knalpot standar byson nggak ada suaranya malah yang kedenger suara mesinnya. Akibat dari knalpot juga tarikan jadi kurang ‘plong’, agak nahan beda kayak waktu pakai knalpot racing.

 Setelah memakai dua jenis knalpot tersebut (standar dan racing) menurut saya ada positif dan negatifnya masing-masing. Nah ini perbandingan positif dan negatifnya
Positif Knalpot Racing
1. Tenaga yang otomatis terdongkrak, performa motor jadi lebih mantab baik diputaran bawah sampai atas (utamanya atas mantab banget bos.
2. Sebagai speaker dari deru mesin 2 silinder yang terdengar merdu, apalagi waktu rpm tinggi bikin ketagihan betot gas hehe.
3. Suara yang keras bikin para pengendara motor lain waspada. Apalagi knalpot ini kenceng banget suaranya jadi ya pasti pengendara motor lain waspada.

Negatif Knalpot Racing
1. Suara yang berisik bikin saya agak sungkan kalau naik motor. Nggak enak sama pengendara lain, apalagi sama tetangga kalau saya pas pulang malam.
2. Bisa kena Pak Polisi kalau didaerah saya, soalnya ada oprasi zebra, musimnya razia.

Positif Knalpot Standar
1. Suara yang kalem bikin nyaman riding karena nggak jadi perhatian waktu jalan (mau nggak mau kalau pakai knalpot racing pasti jadi pehatian soalnya kedengar suaranya dulu. Nggak sungkan sama pengendara lain dan terutama tetangga (maklum rumah di kampung mepet-mepet *nggak ada jarak antar rumah). Bisa ngobrol santai nggak perlu teriak-teriak kalau lagi bawa boncenger atau pas riding bareng teman.
2. Bebas razia, asal nggak ngelanggar lalu lintas dan komponen lainnya lengkap ya

Negatif Knalpot Standar
1. Tenaga yang berkurang dibandingkan dengan memakai knalpot racing.
2. Deru mesin  silinder nggak kedengaran, bisa kedengaran kalau motornya di dekatin itupun nggak merdu beda sama knalpot racing.
3. Karena knalpot standar yang kelewatan senyap jadi ya bikin pengendara-pengendara lain nggak waspada apalagi body motor ini cukup besar. Pernah kejadian waktu saya mendahului motor lewat jalur kanan. Pas saya tepat di samping kanannya eh motornya ikut ke kanan juga mau nyalip pengendara didepannya. Untung dari arah berlawanan sepi kendaraan coba kalau rame ya nggak tau deh gimana.


Nah itu dia penilaian saya tentang knalpot standar byson dan knalpot racingnya.
Kesimpulan : Untuk harian saya prefer ke knalpot standar, karena kesannya nggak mendominasi dijalan dan emang lebih ramah di telinga sendiri maupun pengendara lain. Tapi kalau pakai knalpot standar harus lebih waspada, dikarenakan suara yang senyap pengendara lain kadang nggak aware sama keberadaan kita. Untuk touring atau perjalanan jauh saya lebih prefer ke knalpot racing, karena suaranya yang bikin waspada pengendara lain. Apalagi musuhnya kan kendaraan-kendaraan besar gitu. Oh iya juga karena mendongkrak power biar lebih responsif walaupun konsekuensi bakal lebih boros.

Nah kalau mau pakai knalpot racing buat harian, cari saja knalpot racing yang nggak terlalu berisik  banyak kok. Jujur saya sebagai pengendara bakal kesel kalau dengar suara knalpot yang berisik banget, nggak enak didengar pula. Apalagi kalau naiknya ugal-ugalan.
Isi artikel ini penilaian dari saya, yah beda orang kan beda watak juga.semoga bermanfaat buat teman",.....




3 komentar

kalau opini ane sih Knalpot racing lebih safety asalkan yang ngebass dan ada DB Killernya wkkwkwkw. Karena misalkan kita mau belok ekh tau tau ada orang motong karena gak denger suara apa-apa :v

Balas

Kl karbu udh ga standar, cdi juga trus kita lsg copot knalpot racing ke knalpot standar bisa ga? Atau karbu hrs ikut ke ori lagi bro?

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Copyright © 2013. Byonic Balikpapan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger